Selasa, Mei 12, 2009

Mewujudkan Mimpi

Kata orang, mimpi adalah bunga tidur. Memang, biasanya mimpi itu muncul saat kita tidur. Tapi nggak juga siy. Kadang-kadang kalo lagi senang atau justru bete, kita ngelamun dan bermimpi atau berkhayal, iya nggak siy? (nggak ya?!hhe,)
Bermimpi emang asyik dan memang nggak ada salahnya kita bermimpi. Soalnya, mimpi yang indah bisa membuat kita semangat dan kembali termotivasi. Kita boleh bermimpi apa saja. Tapi yang harus diingat, kita harus bisa memilah mana yang harus diwujudkan ke dunia nyata dan mana yang hanya boleh sebatas mimpi. Hidup dan milikilah mimpi, tapi jangan hidup dalam mimpi, dan hidupkanlah mimpi itu. Caranya???
  1. ciptakan mimpi yang indah yang membuatmu senang dan termotivasi.
  2. ciptakan mimpi yang masuk akal dan menurutmu bisa kamu wujudkan. Meski yang nggak masuk akal bisa saja siy terjadi. Misalnya nih, kamu senang bermimpi mejadi artis dan ingin main film bareng bintang-bintang keren Hollywood kayak Angelina Jolie atau main film Bollywood bareng Shahrukh Khan. Kenapa nggak??! Kalau kamu tahu jalurnya semua bisa saja terjadi. Mungkin kamu harus rajin latihan dan ikutan casting.
  3. sadar diri. Tau dong manusia itu diciptakan dengan berbagai kelemahan dan kelebihan masing-masing, jangan sampai kamu memaksakan menjadi sesuatu yang benar-benar bukan kamu.
  4. jangan terpaku. Oke deh mimpi kamu emang bikin semangat tapi jangan sampai membuatmu jadi nggak peduli dengan lingkungan sekitarmu.
  5. konsekuen. Kalau mimpi itu emang cita-citamu, tetap fokus dan jangan ragu untuk terus berusaha.
  6. pertimbangkan lagi. Kamu kayaknya sudah ragu dengan mimpimu selama ini. Kamu sudah berusaha keras, tapi pada waktu yang ditetapkan, kamu belum bisa mencapai target. Ini bisa berarti banhyak hal. Mungkin saja kamu memang belum berusaha maksimal, atau kamu menjalaninya dengan berat hati, karena sudah terlanjur menentukan pilihan. So, lebih baik kamu pikirkan ulang mimpi-mimpimu itu.
  7. ambil keputusan. Setelah ditimbang-timbang, mimpi indah yang sudah kamu jalani selama ini memang banyak negatifnya. Kalo gitu kamu harus berani mengganti mimpimu.
  8. jangan terlena. Duh, Neng! Mimpi yang kita ciptakan sendiri itu memang indah. Tapi jangan sampai terlena karenanya. Kalo menurut kamu itu ga mungkin terjadi, ya cukup jadikan penyemangat saja kalau lagi bete. Pantang deh kalau berharap dari mimpi di siang bolong, tapi kerjaanmu Cuma bengong aja.
  9. dari diri sendiri. Biasanya ortu ingin yang terbaik buat anaknya, jadi kadang-kadang ada yang menciptakan mimpi-mimpi indah buat mereka. Tapi, kalo keinginan kamu nggak sesuai, jangan ragu untuk bicarain itu pada ortu. Tentu saja jelaskan baik-baik dan kasih alasan yang logis. Dengan begitu mungkin mereka bisa mengerti maksud kita. Yang penting, itu baik untuk semua orang dan tentu saja dirimu sendiri.
  10. cintai mimpimu. Jangan sampai deh kamu usaha keras mewujudkan impian tapi sebenarnya kamu sudah bete banget dengan mimpi itu. Mendingan nggak usah dijalanin lagi. Yang ada ntar apa yang kamu inginkan dan yang kamu lakukan ga sejalan. Maka dari itu cintai mimpimu…
  11. ceritakan mimpimu. Bakalan lebih baik kalo menceritakan mimpimu pada orang lain. Pada orang terdekat saja. Bisa ortu, sohib, pacar, kakak atau adik. Dengan begitu, kalo kamu lagi down, mereka bisa siap kasih support kamu.
Nah, daripada mikirin mimpi burukmu tadi malam, lebih baik bikin mimpi sendiri yang bikin hepi. Iya kan?!

(Berbagi sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar